Analisis Motif Belanja Online Shop Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Studi Kasus Pada Mahasiswa Perbankan Syariah STEBIS IGM Palembang

Authors

  • Purwanti Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Author
  • Choirunnisak Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Author
  • Choiriyah Sekolah Tinggi Ekonomi Dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Author

DOI:

https://doi.org/10.61930/hw4b7w90

Keywords:

Gaya Hidup, Mahasiswa, Online Shop

Abstract

Penggunaan media internet berkembang dengan cepat dan menjadi bagian terpenting dalam bidang ekonomi dan dalam memenuhi kebutuhan manusia. Penggunanya juga semakin meningkat tidak dari kalangan remaja seperti pelajar sekolah dan mahasiswa, bahkan anak - anak, orang dewasa sampai kaum lanjut usia pun mulai menjadi pengguna aktif internet. Akibatnya, segala informasi yang bersifat positif maupun negatif dapat dengan mudah diakses seluruh masyarakat. Dan diakui atau tidak, perlahan - lahan mulai mengubah pola gaya hidup dan membuat mereka menjadi berperilaku konsumtif. gaya hidup bisa diekspresikan melalui apa yang dikenakan seseorang, apa yang mereka konsumsi, dan bagaimana cara mereka bersikap atau berperilaku ketika di hadapan orang lain. Mahasiswa Perbankan Syariah STEBIS IGM Palembang menganggap bahwa online shop ternyata telah membawa nuansa budaya dan nilai yang mempengaruhi selera dan gaya hidup mahasiswa. Hampir sebagian besar mahasiswa Perbankan Syariah STEBIS IGM Palembang menyambut baik kehadiran teknologi ini, tetapi ada juga sebagian kecil yang merasa kesusahan dengan teknologi canggih ini. Sambutan baik ini dibuktikan dengan semakin banyaknya mahasiswa Perbankan Syariah STEBIS IGM Palembang yang suka menggunakan online shop sebagai sarana dalam membeli barang - barang yang diinginkan. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode deskriptif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai prilaku konsumtif dan gaya hidup mahasiswa penguna online shop.  Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Motif meliputi ikut-ikutan teman, ingin selalu update barang terbaru, penampilan gambar lebih bagus, lebih murah, cari untung, menghemat waktu (2) sedangkan gaya hidup mahasiswa hedonis di tunjukan dari gaya berpakaian yang mengkontruksikan citra diri yang gaul di lingkungan kampus.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Analisis Motif Belanja Online Shop Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Studi Kasus Pada Mahasiswa Perbankan Syariah STEBIS IGM Palembang. (2023). Anuitas: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 1-28. https://doi.org/10.61930/hw4b7w90

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.