Studi Kritis Mazhab Mainstream dalam Ekonomi Islam

Authors

  • Rizka Amelia Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Author
  • Fathonah Nur Imamah Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Author
  • Winda Sari Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Author
  • Kirani Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Author
  • Alma Meiliani Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Author
  • Octaviar Wilmar Ervanni Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Author
  • Innek Safitri Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri Author

DOI:

https://doi.org/10.61930/whhyb394

Keywords:

Islam, Mazhab, Mainstream, Pemikiran

Abstract

Pemikiran Ekonomi Islam dari Mazhab Mainstream ini merupakan pemikiran yang paling banyak memberikan warna untuk perkembangan ekonomi islam sekarang karena tokoh-tokohnya memiliki fasilitas dana dan jaringan kerja sama dengan berbagai Lembaga Internasional. Tujuan mazhab mainstream pada ekonomi islam adalah untuk mengembangkan dan menerapkan prinsip-prinsip islam di bidang ekonomi dengan menggabungkan teori ekonomi konvensional dengan kehidupan akhirat dan ajaran islam. Artikel ini membahas tentang Sejarah munculnya Mazhab Mainstream, Tokoh-tokoh Mazhab Mainstream, dan Pemikiran Tokoh-tokoh Mazhab Mainstream. Metode yang dipakai pada artikel ini adalah library research dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa Mazhab Manstream dianggap memiliki pandangan yang lebih moderat atau sebagai jalan tengah dari Mazhab Iqtishaduna dan Mazhab Alternatif Kritis didalam ekonomi islam. Mazhab ini dikritik karena dianggap sebagai penjiplakan dari ekonomi neoklasik modern yang hanya menghilangkan variable riba dan memasukkan variable zakat.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Studi Kritis Mazhab Mainstream dalam Ekonomi Islam. (2024). Anuitas: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(1), 87-104. https://doi.org/10.61930/whhyb394

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.